Sejarah Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi Universitas Wijayakusuma Purwokerto didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0310/0/1981 tertanggal 24 Agustus 1981 tentang Status Terdaftar kepada Universitas Wijayaksuma Purwokerto. Secara historis, berdirinya Fakultas Ekonomi (FE) merupakan komitmen dari semua komponen secara kelembagaan untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada para stakeholders. Pada mulanya, dua Program Studi Sarjana Muda, yaitu Ekonomi Umum dan Ekonomi Perusahaan ditawarkan kepada masyarakat dan mendapatkan respon yang baik. Kemudian pada tahun 1984 kedua program studi tersebut ditingkatkan statusnya menjadi Strata Satu dan namanya menjadi Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) dan Program Studi Manajemen. Seiring dengan tuntutan kebutuhan masyarakat, maka pada tahun 1998 dibuka dua Program Studi D3, yaitu Manajemen Bisnis, dan Akuntansi. Selanjutnya, pada tahun 1999 Program Studi D3 Manajemen Informatika juga dibuka. Awal pembukaan program studi D3 tersebut mendapatkan respon yang cukup baik, tetapi paradigma masyarakat selanjuntya lebih menyukai langsung menempuh program strata satu sehingga pada tahun 2013 Program Studi D3 Manajemen Bisnis ditutup, tahun 2015 D3 Manajemen Informatika ditutup. Pada tahun 2016, FE Unwiku membuka Program Studi S1 Akuntansi, dan menutup Program Studi D3 Akuntansinya pada tahun 2017.

Berbagai dinamika dan perubahan yang terjadi pada lingkungan eksternal maupun internal berdampak pada kebutuhan, preferensi, sikap dan juga pengambilan tindakan oleh FE UNWIKU. Selain menutup dan membuka program studi, FE UNWIKU juga memberikan respon yang baik berupa perubahan nama pada Program Studi IESP menjadi Program Studi Ekonomi Pembangunan di tahun 2002. Kemudian, pada Bulan Februari tahun 2017 juga dilakukan perubahan nama pada institusi yang awal mulanya bernama Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis (FEB) UNWIKU Purwokerto. Sehingga, sampai dengan saat ini Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Wijayakusuma Purwokerto menjadi nama yang sah untuk dipakai dalam segala hal, dan memiliki tiga Program Studi, yaitu S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, dan S1 Akuntansi. Ketiga Program Studi dan Fakultas ini sudah terakreditasi oleh BAN PT dengan Predikat Akreditasi B. Selanjutnya, FEB UNWIKU merupakan salah satu unsur pelaksana Universitas yang mempunyai tugas melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

FEB UNWIKU terletak pada area pedesaan dengan lahan yang luas dan representatif untuk mendukung terlaksananya kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Para mahasiswa pun dapat belajar dan berproses lebih baik lagi dengan suasana yang asri, tenang, nyaman, dan lingkungan yang ramah. Landscape semacam ini menjadi salah satu unsur penting dalam menopang semangat para mahasiswa dalam menimba ilmu dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat secara luas. Kemudian, dari segi sarana dan prasarana, FEB UNWIKU memiliki gedung bertingkat tiga lantai untuk menopang proses kegiatan operasionalnya. Penataan tata ruang dan sarana lain yang mendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi sudah sesuai dengan kebutuhan sebuah lembaga pendidikan tinggi. Hal ini diharapkan agar dapat menghidupkan suasana akademik yang baik, dan berjalan dengan efektif dan efisien. Dalam rangka menunjang proses belajar mengajar, sampai saat ini FEB UNWIKU telah memiliki 12 ruang kuliah, 2 ruang rapat, 1 ruang seminar, 3 ruang laboratorium, dan 1 ruang perpustakaan dengan luas total volume bangunan 4.185 m2, dan ruangan sudah difasilitasi dengan AC dan jaringan internet (free hotspot area). Selain itu ruang administrasi, ruang dosen, dan ruang pimpinan fakultas juga sudah memiliki rasio luas dan kondisi yang ideal. Sarana lain yang ada di dalam lingkungan FEB UNWIKU adalah dengan terdapatnya Masjid yang cukup luas untuk kegiatan peribadahan, space parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat yang memadai, kantin fakultas, taman kolam yang menambah nilai estetika lingkungan dan juga gazebo sebagai tempat duduk dan bersantai bagi para warga FEB UNWIKU. Hal yang cukup penting lainnya adalah bahwa FEB UNWIKU juga memberikan ruang kreativitas bagi para mahasiswa untuk melakukan kegiatan keorganisasian dan aktivitas ekstrakurikulernya, dan juga menyediakan sarana kesekretariatan tersendiri bagi Badan Eksekutif, Organisasi, maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di lingkungan FEB UNWIKU. Untuk segi keamanan, Fakultas juga dibantu oleh adanya petugas keamanan yang sudah ditugaskan di lingkungan kampus.

  1. Integritas dan etika akademik sebagai pemersatu dan penentu arah pengembangan Universitas Wijayakusuma Purwokerto (UNWIKU);
  2. Keterbukaan intelektual, objektivitas, dan kebebasan berfikir;
  3. Kejujuran dan toleransi;
  4. Keunggulan dalam pengembangan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;
  5. Kreativitas dan inovasi ilmu pengetahuan yang dipergunakan untuk kemanfaatan masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan;
  6. Kemauan bekerjasama dan kolegialitas di antara kornunitas UNWIKU;
  7. Memiliki kesadaran dan pengakuan atas keanekaragaman masyarakat, kebudayaan, dan gagasan;